Sunday, July 15, 2007

Alhamdulillah: Dompet Pikiran Rakyat Bandung Bantu 1 Milyar untuk Nias Selatan

Alhamdulillahirabbil'alamin, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.
Jum'at 13 Juli 2007 ternyata hari yang pantas untuk selalu dikenang oleh YPMN. Karena pada hari itu ada dua kejadian penting yang cukup bersejarah.

Pertama wawancara dengan Situs Yaahowu dimuat dengan judul: Aine, Tahaogö Mbanuada
Kedua penandatanganan Nota Kesepakatan (MOU) antara Pikiran Rakyat dengan Yayasan Babussalam dan YPMN untuk pembangunan masjid dan madrasah di Teluk Dalam Nias Selatan senilai 1 Milyar. Berita selengkapnya dapat dilihat pada saduran berikut ini, atau langsung dibaca pada Pikiran Rakyat versi online: http://www.pikiran-rakyat.co.id/cetak/2007/072007/14/0202.htm

Jalinan silaturahmi ini tak lepas dari peran H. Mazni Ibrahim, putra Nias asal keluarahan Saombo yang telah lama berdomisili di Cimahi Bandung. Beliau juga adalah salah seorang Penasehat YPMN.

Foto 1: KETUA Yayasan Babussalam, K.H. Drs. Muchtar Adam (dari kiri), Pemimpin Umum ”Pikiran Rakyat” H. Syafik Umar, dan Ketua Yayasan Peduli Muslim Nias (YPMN), H.M. Yusuf Sisus, M.Si. menandatangani perjanjian kerja sama penyaluran dan penggunaan dana sumbangan pembaca ”Pikiran Rakyat” untuk pembangunan masjid dan madrasah di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Foto 2: Gambar rencana masjid Jami' Teluk Dalam yang pembangunannya diperoleh dari bantuan Dompet Pikiran Rakyat Bandung senilai 1 Milyar.


Berikut ini berita selengkapnya yang disadur dari Pikiran Rakyat, 14 Juli 2007.



Rp 1 Miliar dari Dompet ”PR” Disalurkan ke Nias Selatan


BANDUNG, (PR).-
Masjid jami di Teluk Dalam, Nias Selatan, P. Nias, Sumatra Utara hancur akibat tsunami, 26 Desember 2004 dan gempa bumi, 28 Maret 2005. Selain itu, dari 154 masjid dan musala di P. Nias, sebanyak 77 di antaranya juga rusak. Bahkan 32 masjid dan musala tidak bisa dipakai karena rusak berat.

Demikian diungkapkan Ketua Yayasan Peduli Muslim Nias (YPMN), H. Muhammad Yusuf Sisus, M.Si. pada penandatanganan nota kerja sama penyaluran dan penggunaaan dana sumbangan pembaca Pikiran Rakyat (Dompet “PR”) untuk pembangunan masjid dan madrasah di Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan antara PT Pikiran Rakyat Bandung (PT PRB), YPMN, dan Yayasan Babussalam Bandung di kantor Pikiran Rakyat Jln. Asia Afrika 77 Bandung, Jumat (13/7). Penandatanganan dilakukan Dirut PT PRB H. Syafik Umar, Ketua Yayasan Babussalam K.H. Muchtar Adam, dan Ketua YPMN Muhammad Yusuf Sisus. Hadir pula, perwakilan masyarakat Nias dan pengurus YPMN lainnya, antara lain Muridun Hulu, Imran Mendrofa, dan Noverlemi Yusuf. Sedangkan dari PT PRB, hadir pula M. Ridlo Eisy, Hj. Ninna Hilman, dan sejumlah pejabat lainnya di lingkungan PT PRB.

“Kami dari YPMN mewakili masyarakat Nias sangat berterima kasih kepada masyarakat Jawa Barat, khususnya pembaca Pikiran Rakyat yang telah menyumbangkan dananya untuk pembangunan masjid jami di Kab. Nias Selatan.

Masyarakat Nias yang belum mampu lagi membangun tempat ibadah tersebut, seperti mendapatkan sesuatu dari surga, sehingga masjid yang begitu dibutuhkan ini kembali akan berdiri di Teluk Dalam, Nias Selatan,” ujar Yusuf Sisus.

H. Syafik Umar menuturkan, dana yang akan disumbangkan ke Nias Rp 1 miliar. Dana yang merupakan amanat masyarakat Jawa Barat itu harus dipergunakan sebaik-baiknya dan tepat sasaran. Syafik menambahkan, selain ke Nias, dana sumbangan dari pembaca Pikiran Rakyat juga telah disalurkan untuk korban tsunami di Aceh Rp 7,5 miliar, gempa bumi Yogyakarta dan Jateng Rp 2,5 miliar, serta tsunami Pangandaran Ciamis Rp 1,8 miliar.

“Penggunaan dana amanat pembaca ini, harus benar-benar transparan dengan akuntabilitas yang baik. Sedangkan program penyaluran dana, lebih ditekankan pada kepentingan pendidikan, terutama fasilitas pendidikan dan tempat peribadatan di daerah bencana,” ujarnya.

Sementara itu, K.H. Muchtar Adam berharap, apa yang telah disepakati bersama, yakni amanat dari masyarakat Jawa Barat, sudah disampaikan untuk kepentingan dakwah Islam, dalam hal ini membangun masjid dan madrasah yang sangat dibutuhkan masyarakat Nias. (A-73) ***