Thursday, August 16, 2007

TRAINING GRATIS: Pelatihan Terbuka Kesiapsiagaan Gempa dan Trauma Healing (Jakarta)

Informasi ini kami peroleh dari sebuah posting di mailing list, yang mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.

Bagi Anda yang berkantor di gedung tinggi; tahukah Anda apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa? Dimana harus berlindung? Apakah harus berlari atau tetap diam di tempat? Menggunakan lift atau tangga biasa?


Bagi ibu rumah tangga; apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa? Keluar rumah atau tetap bertahan di dalam? Bagaimana cara berlindung yang baik ketika harus tetap bertahan di dalam rumah? Pernahkah mengajarkan anak-anak Anda bagaimana menghadapi gempa?

Bagi yang sering berkendaraan; bagaimana jika tiba-tiba terjadi gempa saat Anda tengah mengendarai mobil? Apa yang harus dilakukan? Dimana harus berlindung?
Anak-anak di sekolah; pernahkah diajarkan di sekolah bagaimana menghadapi gempa?

Buat seluruh orang yang merasa penting untuk tahu bagaimana menghadapi gempa; pernahkan menganalisa kekuatan bangunan di rumah, kantor, sekolah atau dimana pun Anda sering beraktifitas? Adakah tempat berlindung seperti meja atau lainnya di rumah, kantor dan lain sebagainya? Sudahkah memperhatikan barang-barang di rumah yang berpotensi menimbulkan luka saat terjadi gempa, seperti lemari, lampu gantung, alat elektronik dan lain-lain.

Buat kesiapsiagaan; apakah tersedia flashlight (lampu senter) dan disaster kit lainnya di rumah Anda? Pernahkah Anda dan seluruh anggota keluarga membuat kesepakatan arah evakuasi di rumah Anda sendiri? Atau arah evakuasi di kantor, rumah sakit, gedung bertingkat, dan tempat-tempat lainnya?

Dan yang terpenting; tahukah Anda bahwa hampir seluruh wilayah di Indonesia ini berada pada ring of fire, sehingga memungkinkan terjadi bencana terus menerus dengan waktu yang hampir tidak bisa dipastikan –dalam kasus gempa misalnya, tidak bisa diprediksi kejadiannya.

Tidak perlu takut dan panik, jika kita sering berlatih menghadapi gempa. Ini kunci utamanya.

Karena itu, jangan lewatkan “PELATIHAN TERBUKA KESIAPSIAGAAN GEMPA dan TRAUMA HEALING”

Minggu, 19 Agustus 2007
Pukul 08.00 s/d 10.30 WIB
Plaza Utara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (dekat parkir utara)

Pelatihan terbuka ini diselenggarakan atas kerjasama ACT (Aksi Cepat Tanggap), DMII (Disaster Management Institute of Indonesia), MRI (Masyarakat Relawan Indonesia), CCDI (Corporate Circle for Disaster Interest) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).
Bayu Gawtama
OC Leader
0852 190 68581

ACT --> 021-7414482 atau Bayu Gawtama (085219068581)
DMII --> Anna (081328598828)
MRI --> Arifudin Muchtar (08172334154)
CCDI --> Hanny H Soemarno (0811234332)
MPBI --> Lya (021-3147321)
LIPI --> Irina (0813 1033 2282)

www.aksicepattanggap.com